Ekatati.Is.Me

::: Mimpikan Yang Kau Mau dan Kejarlah Impianmu Itu :::

Pengaruh Multimedia terhadap Kehidupan Masyarakat Senin, April 09, 2012

             Pengaruh globalisasi dan modernisasi telah membuat perkembangan teknologi semakin pesat. Masyarakat pun kini menggunakan berbagai media untuk mempercepat pekerjaannya . Menurut penelitian, berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset computer Technology Research (CTR) :

  1. Manusia mampu mengingat 20% dari apa yang dia lihat
  2. Manusia mempu mengingat 30% dari yang dia dengar
  3. Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan di lihat
  4. Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan.
            Biasanya masyarakat lebih menyukai visualisasi dengan penuh warna, suara,grafik,animasi karena mudah untuk dimengerti dan lebih menarik .  Nah, tanpa kita sadari, teknologi yang kita gunakan mengandung unsur multimedia .
Lalu, apa kamu tahu multimedia?
Multimedia itu adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, video, grafik, animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan sehingga membantu dalam proses komunikasi, berinteraksi , dan berkreasi .
           Jika kita amati, multimedia sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan kita saat ini . Lihat sekarang, dalam bidang hiburan, multimedia menjadi hal terpenting . Film yang ditayangkan atau dibuat tidak terlepas dari unsur multimedia



Multimedia memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat.
1.     Dalam Bidang Pendidikan
Multimedia bermanfaat menjadi alat bantu bagi kegiatan belajar-mengajar. Para pelajar pun menjadi lebih mudah menerima pelajaran, pelajaran menjadi lebih menarik.
2.    Dalam Bidang Kesehatan
Dalam dunia kesehatan, lebih terkonsentrsikan untuk melihat penyakit, kelainan dalam organ dalam . Nah, dengan multimedia para ahli kesehatan dapat memonitor detak jantung pasien, aliran darah dan dapat memantau fungsi organ dalam seperti hati,jantung, ginjal dll.
3.    Dalam Bidang Transportasi
Dalam dunia penerbangan, semua jadwal dan jalur penerbangan di program dalam komputer. Baik ketinggian , prosedur keselamatan, penjualan tiket semua menggunakan komputer.
4.    Dalam Bidang Industri Perfilman
Semua efek yang digunakan dalm film seperti animasi, efek khusus , grafik menggunakan komputer. Animasi yang digunakan menggunakan aplikasi animasi yang dirancang dalam aplikasi komputer. Dengan multimedia, kita dapat melihat efek film lebih jelas seperti film Harry Potter melawanVoldemort yang efek khusus sehingga penonton pun memiliki reaksi terkagum- kagum dalam menonton film itu.
5.    Dalam Bidang Arsitektur
Para Arsitek menggunakan program aplikasi CAD untuk menggambar bangunan konstruksi sehingga gambar menjadi lebih akurat,jelas dan tepat.
         Masih banyak lagi, pengaruh multimedia dalam berbagai bidang kehidupan. Namun, jangan salah multimedia juga memiliki pengaruh negatif  diantaranya
1.        Dalam Bidang Entertainment
Multimedia menyediakan tontonan yang terkadang memiliki nilai negatif seperti unsur pornografi akibatnya dapat berdampak bagi moral seseorang. Hal ini tidak baik dalam perkembangan kepribadian seseorang terutama anak-anak.
2.       Dalam Bidang Bisnis
Zaman sekarang dunia bisnis menggunakan jasa internet untuk menyalurkan kegiatan bisnisnya. Baik dunia perbankan, jual beli online, transaksi online. Hal ini, bisa menjadi lahan subur bagi para hacker atau cracker untuk melakukan transaksi online yang merugikan customer. Selain itu,  sekarang banyak black market yang menjual barang secara ilegal.
3.       Dalam Bidang Pendidikan
Dengan adanya multimedia, para pengajar maupun pelajar terkadang menjadi malas dalam mengajar. Semua media sudah canggih, sehingga tidak perlu lagi pengajar . Semua tugas ada di dunia internet, akibatnya para pelajar hanya memilih hal yang instant untuk mengerjakan tugas mereka.
            Demikian, multimedia memiliki pengaruh positif dan pengaruh negatif dalam kehidupan masyarakat. Kita sebagai pelajar, setidaknya harus dapat menyaring setiap pengaruh yang kita dapat sehingga apa yang kita lihat dan kita dengar tidak serta merta mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.






0 komentar:

Posting Komentar